Akibat Kekurangan dan kelebihan Yodium

Akibat Kekurangan Dan Kelebihan Yodium – Tubuh manusia terdiri dari berbagai jenis organ dengan fungsi yang beraneka ragam.

Agar fungsi tersebut bisa berjalan dengan baik tanpa halangan kita mesti menjaga tubuh dan seluruh organnya, dengan memberi asupan gizi yang seimbang. Dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi, kita bisa memenuhi kebutuhan tubuh kita.

Salah satu zat yang dibutuhkan tubuh adalah yodium, yang memiliki fungsi utamanya adalah membentuk hormon tiroid. kelenjar tiroid merupakan kelenjar terbesar di leher. kelenjar ini berfungsi memproduksi protein, menghasilkan hormon, dan mengatur pembakaran energi.

Sumber sumber yodium

Tubuh manusia tidak dapat memproduksi yodium sendiri, maka sebab itu kita memerlukan asupan yodium dari luar dengan makanan yang mengandung yodium. Yodium dimiliki oleh air dan biota laut. Salah satunya adalah garam yang sering kita gunakan untuk bahan dapur. garam memiliki kandungan yodium yang sangat tinggi.

Akibat Kekurangan dan kelebihan yodium

Selain itu, berikut ini ada beberapa jenis makanan yang memiliki kandungan yodium yang cukup tinggi diantaranya :

  • Garam beryodium
  • Rumput laut
  • Hewan laut
  • Susu sapi dan produk olahanya
  • Telur
  • Kentang
  • Bayam
  • Kacang tanah
  • Pisang dan stroberi

Setiap orang memiliki kebutuhan yodium yang berbeda, dan apabila kebutuhan tersebut tidak terpenuhi resiko beberapa akibat juga akan muncul.Berikut ini kadar yodium pada seseorang :

  • Bayi : 0,11 – 0,13 mg per hari
  • Ana Usia 1-11 tahun : 0,09 – 0,12 mg per hari
  • Wanita Hamil : 0,22 mg per hari
  • Wanita Menyusui : 0,29 per hari
  • Dewasa : 0,15 mg per hari.

Akibat kekurangan yodium

Meski sumber yodium mudah kita dapatkan, namun tidak tertutup kemungkinan manusia dapat kekurangan yodium. seperti masyarakat yang tinggal dipegunungan yang jauh dari perairan yang sulit mendapatkan makanan yang beryodium. Berikut ini ada beberapa kondisi berbahaya akibat kekurangan  yodium yakni :

  • Gondok

Dampak yang jelas sekali terlihat tubuh kekurangan yodium adalah timbulnya penyakit gondok. yodium adalah sumber utama dalam pembentukan hormon tiroid. kelenjar ini berfungsi untuk memproduksi protein, menghasilkan hormon, dan mengatur pembakaran energi dalam tubuh.

Apabila tubuh kita kekurangan yodium, secara otomatis tubuh akan meransang kelenjar tiroid untuk bekerja lebih keras. Hal ini akan mengakibatkan terjadinya pembengkakan pada leher kelenjar tiroid tersebut, atau yang bisa disebut dengan penyakit gondok yang di tandai dengan adanya benjolan disekitar leher.

jika gondok berkembang menjadi lebih besar, akan muncul gejala-gejala seperti sakit tenggorokan, sesak napas, batuk, dan sulit menelan makanan.

  • Hipotirodisme

Kekurangan yodium dapat menyeybakan hipotirodisme. hipotirodisme merupakan keadaan dimana kelenjar tiroid tidak dapat menghasilkan hormon yang cukup. salah satu penyebab nya adalah kekurangan yodium. hipotirodisme menyebabkan kulit menjadi bengkak dan kering.

Letih dan kelelahan. rambut kasar, suara menjadi serak, depresi, gangguan daya ingat, tidak tahan udara dingin, meningkatnya berat badan, sering sembelit, detak jantung melemah, nyeri sendi, serta gangguan jadwal mestruasi.

  • Keterbelakangan Mental

kekurangan yodium dapat menyebabkan keterbelakangan mental khususnya pada anak-anak. terutama di daerah yang rentan kekurangan yodium seperti di daerah pegunungan. meskipun anak anak yang dilahirkan dari ibu yang didiagnosa kekurangan yodium memiliki fungsi tiroid yang normal. namun mereka cenderung mempunyai kemampuan bahasa dan daya ingat yang rendah dari rata rata seusianya.

Akibat kelebihan yodium

selain kekurangan juga ada akibat dari kelebihan mengkonsumsi kadar yodium. akibat yang ditimbulkan antara lain terjadinya air liur berlebih, terbentuknya goither (pembesaran pada kelenjar tiroid) dan iritasi pada saluran pencernaan.

  • Hipertirodisme

Kelebihan yodium pada waktu yang lama mempunya efek samping racun terhadap tiroid yaitu sebagai penyebab hipertirodisme. gangguan auto imun yang biasanya ditandai dengan produksi autoantibodi pada kelenjar tiroid. penyebabnya adalah penyakit graves.pada kasus ini kelenjar tiroid akan membesar dua sampai tiga kali dari ukuran normalnya.

  • Graves

graves adalah penyakit auto imun yang membuat produksi hormon menjadi meningkat, gejalnya akan melakukan banyak aktivitas, tremor ringan, berat badan menurun padahal makan dengan kadar yang sama.

  • Kanker tiroid

kanker tiroid bermula dari jaringan folikel troid dan sel-sel kanker yang mulai menghasilkan banyak hormon tiroksin.

Nah itulah informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai akibat kekurangan dan kelebihan yodium pada tubuh, semoga artikelnya bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda serta bisa menambah wawasan anda.

post by : Obat Gondok Alami Terbukti Manjur

1 Trackback / Pingback

  1. 8 Jenis Makanan Yang Baik Untuk Penderita Penyakit Gondok

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*