PENYEBAB GONDOK YANG SERING DIABAIKAN

Memiliki masalah dengan penyakit gondok, maka berikut ini adalah penyebab gondok yang sering diabaikan dan cara mencegahnya yang bisa anda pilih dan lakukan, agar anda bisa terhindar dari hal-hal buruk akibat penyakit ini.

Penyebab Gondok Yang Sering Di Abaikan

Faktor Penyebab Gondok

Gondok merupakan penyakit karena ada masalah pembengkakan pada kelenjar tiroid sedangkan untuk kelenjar tiroid sendiri berfungsi untuk memproduksi hormon tiroid.

Penyakit gondok dibedakan menjadi 2 yaitu penyakit gondok yang masih normal dan yang sudah parah. untuk yang normal biasanya penderita tidak merasakan apa apa sedangkan bagi yang parah mereka akan terlihat batuk-batuk, leher terasa berat tercekik, serak, susah menelan, dan kesulitan dalam bernapas.

Berikut ini adalah beberapa hal atau faktor yang memicu terjadinya penyakit gondok pada seseorang diantaranya :

  1. Kekurangan YodiumSaat tubuh tidak mendapatkan zat yodium yang cukup, mengakibatkan kelenjar tiroid bermasalah. sementara kelenjar hipofisis di otak memerintahkan atau memberi sinyal untuk segera meminta asupan hormon tiroid.
  2. Kelebihan senyawa Glukosinatessenyawa ini berfungsi dalam memberi efek penetralisir yoidum yang masuk ke dalam tubuh mengakibatkan kelenjar tiroid tidak bisa bekerja dengan baik jika terlalu banyak. biasa ditemukan di kembang kol,brokoli, dan kubis. hal tersebut dapat memicu penyakit gondok
  3. Mengkonsumsi obat berlebihankelebihan dari mengkonsumsi obat tentunya sangat tidak baik dan dapat menyebabkan beberapa penyakit, obat Lithium dan fenilbutazon sebagai obat yang sering dikonsumsi yang mengakibatkan kelenjar tiroid menjadi lebih sensitif. mual,muntah,sakit tenggorokan, dan gangguan metabolisme adalah efek yang ditimbulkannya.
  4. Kondisi Hipertirodismemerupakan kondisi yang disebabkan kelenjar tiroid yang terlalu aktip kemudian akan memproduksi hormon tiroid yang tidak terkontrol. otomatis kelenjar tersebut akan memproduksi hormon yang terlalu banyak, Keadaan ini yang mengakibatkan gondok.
  5. Nodul pada kelenjar tiroidNodul merupakan sebuah benjolan yang tumbuhnya pada bagian kelenjar, menyebabkan sistem kerja kelenjar tiroid sulit untuk dikontrol. nodul juga bisa menyebabkan hipertirodisme dan kanker tiroid, dengan perawatan yang tepat akan mencegah tumbuhnya nodul ini.
  6. Kanker TiroidGondok juga bisa sebagai pertanda anda mengalami kanker tiroid. bila keluarga ada riwayat yang mengalami kanker tiroid akan beresiko kepada genetik sehingga berpotensiterdampak kanker.
  7. Hashimoto tiroditis
    Merupakan penyakit sistem kekebalam tubuh yang menyerang kelenjar tiroid, kondisi ini tentu akan mempengaruhi produksi kelenjar tersebut menjadi kurang. kondisi ini akan merangsang pembengkakan atau gondok.
  8. Kondisi Kehamilankehamilan juga mampu menyebabkan penyakit gondok, karena saat seorang wanita hamil tubuhnya akan memproduksi hormon HCG (Human Chorionicgonadotropin) efeknya bisa memicu kelenjar tiroid menjadi terus membesar. solusi ini yaitu dengan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung yodium.
  9. Peradangan Kelenjar TiroidPeradangan pada kelenjar tiroid dapat menyebabkan penyakit gondok. karena dapat memicu rasa sakit dibagian kelenjar. kemudian juga dapat menggangu produksi jumlah hormon menjadi berkurang. ini jadi pemicu gondok.
  10. Gondok yang Beracunpenyebab penyakit gondok yang sederhana atau yang normal bisa berubah menjadi penyakit gondok yang sangat beracun atau berbahaya. seperti rasa sakit pada saat menelan makanan, seperti ada benjolan pada leher yang bergerak dan gangguan pada usus yang mengakibatkan munculnya kontipasi seperti :
  • Sering berkeringan, dan nafsu makan meningkat
  • Jantung berasa berdegup kencangan disertai nafas yang sesak.

Mengingat ada beberapa kemungkinan kondisi medis yang menyebabkan timbulnya keluhan gondok, maka langkah paling tepat yang sebaiknya dilakukan jika anda merasakan sakit gondok adalah temui dokter untuk melakukan pemeriksaan.

Cara Mencegah Penyakit Gondok

Bagi anda yang menderita gondok, maka berikut ini adalah beberapa hal yang bisa anda lakukan sendiri di rumah untuk meringankan gejala atau mencegah gondok diantaranya :

  • Gondok Bawaan (Kongenital)

Dimana gondok yang sudah terjadi sejak lahir ini bisa dicegah gejalanya dengan pengobatan levotiroksin selama beberapa saat setelah bayi dilahirkan.

  • Gondok Akibat Kondisi Tiroiditis Autoimun

Penderita kondisi ini mungkin akan diresepkan obat levotiroksin dan obat antiinflamasi jika diperlukan, kedua jenis obat tersebut bertujuan untuk mencegah terjadinya gondok di kemudian hari.

  • Gondok Akibat Defisiensi Yodium

Konsumsi garam yang tinggi yodium serta penggunaan yodium sebagai salah satu bahan dasar adonan merupakan cara sederhna untuk mencegah terjadinya gondok.

Nah itulah informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda. Terimakasih atas kunjungannya dan telah menyimak artikel sederhana ini !

Simak Juga :

Cara Mengobati Gondok Secara Alami

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*